Fungsi Menu Dan Ikon Pada Menu Bar Ms.Powerpoint
- Menu dan ikon pada Menu Bar terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help.
- Fungsi Menu dan Ikon Pada Ms. Powerpoint :
- 1. File
Fungsi Menu File :
- New : Untuk membuat lembar kerja baru
- Open : Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat
- Close : Untuk menutup file yang sudah sedang aktif
- Save : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.
- Save as : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
- Save as Web Page : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
- Search : Untuk mencari file atau nama file
- Versions : Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan.
- Web Page Preview : Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak.
- Page Setup : Untuk menentukan margin dan ukuran kertas.
- Print Preview : Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
- Print : Untuk mencetak dokumen yang kita buat
- Send to : Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint
- Properties : Untuk menampilakn informasi tentang dokumen yang aktif
- Exit Untuk : keluar dari program Microsoft Office
- 2. Edit
- Undo : Untuk membatalkan perintah terakhir
- Repeat : Untuk membatalkan Undo
- Cut : Untuk memotong suatu objek seperti kata, kalimat, gambar dan memasukkannya ke clipboard atau dokumen lain.
- Copy : Untuk meng-copy atau menyalin suatu objek ke dalam clipboard atau dokumen lain.
- Office Clipboard : Untuk mengatur pemunculan objek dari clipboard
- Paste : Untuk memunculkan suatu objek dari dalam clipboard atau dokumen lain.
- Paste Special : Paste dengan kriteria tertentu
- Paste as Hyperlink : Untuk memunculkan objek dari dalam clipboard namun tetap ada hubungannya walau berada di tempat yang berbeda.
- Clear : Untuk menghapus format atau objek yang dipilih.
- Select All : Untuk memilih/memberi tanda blok hitam pada seluruh lembar kerja
- Find : untuk mencari mencari kata yang dikehendaki
- Replace : untuk mengganti kata
- Go to : untuk berpindah halaman, baris, kolom, objek, dan lain-lain.
- Links : untuk membentuk hubungan
- Object : untuk mengedit object
- 3. View
- Normal : untuk menampilkan tampilan layar yang normal atau tampilan standar (default)
- Web Layout : untuk menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser.
- Print Layout : Untuk menampilkan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketika akan mencetak.
- Outline : untuk memindahkan tampilan editing dokumen kita ke tampilan outline view, sehingga kita dapat memeriksa dan bekerja dengan struktur file dokumen kita dalam bentuk outline klasik.
- Task Pane : untuk menampilkan Task Pane
- Toolbars : untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar-toolbar yang dikehendaki
- Ruler : untuk menampilkan dan menyembunyikan/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja
- Document Map : merupakan layar vertikal yang berfungsi juga sebagai peta dokumen untuk memberitahukan letak/posisi dokumen kita sekarang.
- Header and Footer : untuk membuat header dan footer
- Footnotes : untuk membuat catatan kaki
- Markup : untuk memunculkan atau menyembunyikan komentar
- Full Screen : untuk menggunakan tampilan layar menjadi tampilan penuh layar
- Zoom : untuk memperbesar tampilan
- 4. Insert
- Break : untuk menentukan jenis perpindahan
- Page Number : untuk memberi nomor halaman
- Date and Time : untuk menyisipkan tanggal
- Auto Text : untuk menyisipkan teks
- Field : untuk menyisipkan field
- Symbol : untuk menyisipkan simbol
- Comment : untuk menyisipkan komentar dan catatan
- Reference : untuk menyisipkan footnote, caption, cross reference, dan index
- Web Component : komponen dari web
- Picture : untuk menyisipkan gambar
- Diagram : untuk menyisipkan diagram
- Text Box : untuk menyisipkan text box
- File : untuk menyisipkan file
- Object : untuk menyisipkan objek
- Bookmark : untuk menyisipkan bookmark
- Hyperlink : teks atau grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML
- 5. Format
Fungsi Menu Format :
- Font : untuk menentukan jenis huruf dan atributnya.
- Paragraph : untuk menentukan jenis paragraf
- Bullet and Numbering : untuk memberikan bullet dan penomoran
- Border and Shading : untuk memberikan bingkai dan arsiran
- Columns : untuk membuat jenis columns
- Tabs : untuk menentukan batas tabulasi
- Drop Cap : untuk memberikan efek drop cap
- Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik.
- Change case : untuk mengatur huruf besar dan kecil
- Background : untuk memberikan warna latar belakang dokument yang dikerjakan
- Theme : untuk mengatur format tampilan theme yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen, dan pesan email.
- Frame : untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkan di sebelah kiri halaman frame.
- Auto Format : untuk mengubah format menjadi format dokumen atau surat
- Styles and Formating : untuk mengubah style dan format
- Reveal and Formating : untuk menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks.
- Object : untuk memformat object
- 6. Tools
Fungsi Menu Tools :
- Spelling and Grammar : untuk memeriksa ejaan
- Language : untuk memeriksa ejaan
- File Broken Text : untuk mengatur dan menyusun text yang berantakan atau tak beraturan (fasilitas ini terdapat dalam Microsoft Word Window XP)
- Word count : untuk menghitung banyaknya kata, paragraf, baris, karakter, dan halaman
- Auto Summarize : untuk merangkum poin-poin secara otomatis dalam dokumen
- Speech : untuk mengubah perintah keyboard/mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal oleh Microsoft Office
- Track Change : untuk menandai perubahan-perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat kembali.
- Compare and Merge Document : untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen
- Protect Document : untuk memproteksi dokumen
- Online Collaboration : untuk melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet seperti diskusi maupun net meeting.
- Letters and Mailing : untuk membuat surat dan label
- Tools on the Web : untuk melihat fungsi tools secara online
- Macro : untuk membuat macro
- Template and Add-Ins : untuk membuat templates
- Auto Correct Options : untuk membuat autocorrect
- Customize : untuk melihat tombol toolbar, menu, dan shortcut key
- Options : untuk memodifikasi setting program dari Microsoft Office
- 7. Table
Fungsi Menu Table :
- Draw Table : untuk menggambar tabel
- Insert : untuk menyisipkan tabel, kolom, baris, atau sel
- Delete : untuk menghapus table, kolom, baris, atau sel
- Select : untuk menyeleksi tabel, kolom, baris, atau sel
- Merge Cells : untuk menggabungkan sel-sel terpilih
- Split Cells : untuk membagi sel kolom pada tabel menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
- Split Table : untuk memisahkan tabel
- Table auto Format : untuk membuat format tabel secara otomatis
- Autofit : untuk menyesuaikan lebar kolom pada tabel dengan lebar window secara otomatis
- Heading Rows Repeat : untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang diulang pada halaman selanjutnya.
- Convert : untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk tabel atau sebaliknya
- Sort : untuk mengurutkan data
- Formula : untuk memberikan formula (perhitungan matematika)
- Show Gridlines : untuk memunculkan atau menyembunyikan garis bantu
- Table Properties : untuk menampilkan properties untuk tabel
- 8. Window
Fungsi Menu Window :
- New Window : untuk membuka jendela baru
- Arrange All : untuk menyusun semua jendela yang aktif
- Split : untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian
- 1 Document2 : untuk melihat seluruh dokumen yang aktif
- 9. Help
Fungsi Menu Help :
- Microsoft Word Help : untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah.
- Show the Office Assistant : untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant
- What’s This : untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk
- Office on the Web : untuk meminta informasi terkini dari office web site
- Activate Product : untuk memunculkan Activate Product
- Word Perfect Help : untuk memberikan informasi bagi pemakai Word Perfect
- Detect and Repair : untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis
- About Microsoft Word : untuk menampilkan informasi mengenai program Microsoft Word yang kita gunakan
No comments:
Post a Comment